Hadapi Pandemi, As’adiyah Dapoko Terapkan Pengajian Via Online

Hadapi Pandemi, As’adiyah Dapoko Terapkan Pengajian Via Online

Dapoko-, Anjuran pemerintah untuk melakukan Sosial Distancing atau pembatasan jarak fisik dan kebijakan lainnya dalam memutus peyebaran virus corona atau Covid-19, gencar disuarakan. Tapi semua itu tidak membuat surut tempat pengajian khususnya pesantren untuk menyampaikan ilmu.

Di Pondok Pesantren As’adiyah Dapoko yang bertempat di kediaman Pimpinan Pondok Pesantren As’adiyah Dapoko, tetap mengadakan rutinitas pengajian. Namun dengan kebijakan pemerintah dengan membuat protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, pengajian dilakukan secara online melalui Live Streaming di Facebook fanspage Pon-Pes As’adiyah Dapoko. Peserta atau santri mengikutinya dari rumah masing-masing. Untuk jadwal “Ngaji Live Streaming” sendiri adalah kajian kitab Mukhtarul Hadits tiap hari ahad ba’da magrib, dan kitab Tafsir Jalalain tiap hari Rabu ba’da magrib yang diampuh langsung oleh Gurutta KM. Hamzah israil, S.Pd.I.,MA, Pimpinan Pondok Pesantren As’adiyah Dapoko.

Menurut Gurutta KM. Hamzah Israil, S.Pd.I.,MA, selaku pimpinan Pondok Pesantren As’adiyah Dapoko, sangat mendukung langkah-langkah nyata pemerintah dalam memutus mata rantai wabah virus Covid-19.

“Salah satu wujud dukungan tersebut dengan menerapkan Ngaji Online bagi para santri di Pondok Pesantren As’adiyah Dapoko,” katanya, Ahad (18/04/2020).

Beliau juga menghimbau dalam kajian online tersebut agar jangan terlalu takut dengan virus corona, karena virus corona hanyalah satu diantara sekian banyak penyebab kematian. Namun, jangan pula kita memandang enteng virus ini dengan tidak taat pada anjuran pemerintah ataupun imbauan ulama kita, karena itu merupakan kesombongan.

Menurut Ibnu Nasier, salah seorang pembina Pondok Pesantren As’adiyah Dapoko yang menggagas acara ngaji online, pihaknya pun siap mengikuti kebijakan dan langkah pemerintah untuk tetap diam dirumah demi memutus rantai wabah virus Covid-19 ini.

“Dengan mengadakan pengajian via Online atau Live di facebook, walaupun kita diam di rumah tapi masih bisa menyerap ilmu-ilmu yang disampaikan oleh guru kami,” tuturnya. (Abd)

Leave a Reply