Layaknya Pasar, Santri MA As’adiyah Dapoko Praktek Jual Beli Syar’i
Para Santri Sedang Melayani Pembeli.

Layaknya Pasar, Santri MA As’adiyah Dapoko Praktek Jual Beli Syar’i

Dapoko-, Pemandangan berbeda terlihat di Kampus Pondok Pesantren As’adiyah Dapoko, Rabu (12/02.). Santri MA As’adiyah Dapoko Kab. Bantaeng menggelar Praktek Jual Beli secara syar’i, bertempat di Kampus Ponpes As’adiyah Dapoko Kec. Eremerasa.

Diawasi langsung oleh Ustadzah Umrawati Hamring. S.Pd,I, Gr. Kegiatan yang di desain layaknya pasar mini tersebut bertujuan memberikan pelajaran bagaimana cara berdagang dengan baik sesuai dengan yang diajarkan Rasulullah dan menghindarkan diri dari jual beli yang terlarang.

“jadi mereka diajarkan bagaimana cara melakukan transkaksi yang sesuai dengan islam, mereka harus mampu mengetahui rukun dan segala hal yang terkait dengan jual beli”. Tutur Umrah.

Kegiatan yang bekerja sama dengan pelajaran Bahasa Indonesia tersebut, juga bertujuan menumbuhkan jiwa interpreuner para santri sehingga para santri bisa praktekkanya dikemudian hari.

“Salah mamfaatnya juga adalah agar jiwa wirausaha mereka terbuka, bahwa jual beli adalah salah satu sunnah nabi dan dapat mendatangkan keuntungan dari segi ekonomi”, jelas Umrah

Salah satu santri menuturkan bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat, karena mereka tidak hanya belajar teori tetapi langsung mempraktekan sehingga akan dengan sangat mudah kita fahami, selain itu Ia juga mengungkapkan bahwa ternyata jual beli adalah hal yang sangat menyenankan, karena bisa mendapatkan untung dan bisa membantu sesama juga. (Suci)

 

Leave a Reply