Ceramah : Antara Anak Soleh Dan Anak Salah
https://www.google.com

Ceramah : Antara Anak Soleh Dan Anak Salah

Oleh: Gurutta KM. Hamzah Israil, S.Pd.I., MA

أَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

أَلْحَمْدُ للهِ الَّذِى أَنْعَمَ عَلَيْنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلَامِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَاْلمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ.

Teman-teman sekalian yang disayang Allah

Pertama-tama mari kita tak henti-hentinya memuji Allah Swt yang memberi kita umur panjang dalam keadaan sehat wal’afiat. Salam dan salawat mari kita senantiasa peruntukkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad Saw, kepada sahabat-sahabatnya dan kepada para pengikutnya yang setia sampai akhir zaman.

Hadirin dan hadirat yang insya Allah di muliakan oleh Allah Swt.

Insyaa Allah, pada kesempatan ini saya akan membahas sebuah ceramah yang berjudul “Antara Anak Soleh Dan Anak Salah”.

Menjadi anak soleh itu enak sekali, karena kita disayang oleh Allah, disayang oleh kedua orang tua dan disayang oleh semua orang. Betul? Karena anak soleh itu adalah anak yang taat melaksanakan perintah Allah, misalnya rajin shalat lima waktu, apalagi kalau dilaksanakan dengan berjamaah. Rajin mengaji, rajin bersedekah dan perbuatan yang disenangi Allah Swt.

Kemudian anak yang soleh itu juga menghormati kedua orang tuanya, mengerjakan perintahnya, bagaimana tidak disayang oleh kedua orang tuanya? Apa lagi?

Anak soleh itu juga sopan sama semua orang, tidak na sombong, tidak na kikir, tidak na patoa-toai, nah kalo beginiki, pastimi na sayangki semua orang, enakkan?

Teman-teman sekalian yang disayang Allah

Anak yang soleh itu akan mendapatkan kehidupan yang bahagia di dunia dan di akhirat akan masuk syurga. Amin Ya Rabbal Alamin. Allah Swt berfirman dalam  al-Qur’an surat an-Nahl ayat 97:

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً

Yang artinya: Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik.

Tapi coba, anak yang salah alias jahat, na tidak ada yang  sayangi itu, malah semua benci kepadanya, Allah benci, kedua orang tuanya benci, teman-temannya benci. Bahkan semua orang benci  kepadanya. Naudzubillahi min dzalik.  

Bagaimana tidak dibenci oleh Allah, kalau Allah yang  ciptakangi, Allah yang kasiki makanan, Allah yang kasiki minuman, dan lain-lain sebagainya. Na tidak mau sekali mengerjakan shalat, padahal shalat itu kan gampang sekaliji, tak sebentarji lagi.

Kemudian bagaimana mamaknya tidak benci kepadanya, kalau mamaknya yang lahirkangi, mamaknya kasi susui, mamaknya  peliharai, na tidak mau sekali mendengar sama mamaknya. Bahkan  patoa-toaiji lagi.

Hadirin dan hadirat yang insya Allah di muliakan oleh Allah Swt.

Bagaimana juga tidak dibenci oleh bapaknya, kalau bapaknya  yang setengah mati carikangi uang untuk beli baju, celana, hp. Dll na tidak na hargai kodong bapaknya. Disuruh pergi sekolah, selalu malas-malas, banyak alfanya, banyak bolosnya, ditanya kenapa  begitu? Dia bilang; bapak! Kalau mauki supaya saya rajinkah pergi sekolah belikanga motor ninja, rajinma  itu bapak.

Sekalinya dibelikan motor ninja, nalewati isse sekolana. Begitulah yang namanya anak yang salah. Sangnging lari salai  pikkiranna. Nauzubillahi min zalik.

Teman-teman sekalian yang disayang Allah

Mauki tauki tanda-tandana anak salayya? Iyareka anak  kumbalaka?

  1. Malas pergi sekolah, kalau pergi sekolah selalu bolos.
  2. Malas mengerjakan salat, malas mengaji, tapi rajin main gem, dan selalu Hp ji ditanganya.
  3. Model rambutnya pirang, bota sipue, rambut diantik, tatto dan lain-lain.
  4. Kata-katanya kasar tidak sopan.
  5. Pakaiannya sukai pake celana botol, narobek bagian lututnya dan lain-lain. Dan masih banyak lagi tanda-tandanya yang lain. Inilah tanda-tanda anak yang salah.

Teman-teman sekalian yang disayang Allah

Anak yang salah itu selalu susah hidupnya di dunia dan kalau dia tidak mau tobat, di akhirat pasti masuk neraka. Allah Swt berfirman dalam al-Qur’an Surat  an-Naml ayat 90:

وَمَن جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَكُبَّتْ وُجُوهُهُمْ فِي النَّارِ هَلْ تُجْزَوْنَ إِلَّا مَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya: Dan barang siapa yang membawa kejahatan, maka disungkurkanlah muka mereka ke dalam neraka. Tiadalah kamu dibalasi, melainkan (setimpal) dengan apa yang dahulu kamu kerjakan. Naudzubillahi  min  dzalik.

Teman-teman sekalian yang disayang Allah

Begitu senangnya menjadi anak yang soleh, dan begitu susahnya menjadi anak yang salah. Makanya kutanyaki dulu, mauki jadi anak yang soleh atau anak yang salah? Tentu Anak yang solehkan?

Kalau begitu, mari kita berusaha menjadi anak yang soleh dengan selalu berteman dengan anak soleh dan jangan mau berteman dengan anak yang salah.

Semoga kita semua menjadi anak yang soleh yang bahagia di dunia dan masuk syurga nanti di akhirat. Amin Ya Rabbal Alamin.

Demikian ceramah saya, terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf atas segala kesalahan.

وَبِااللهِ التَّوْ فِيْقِ وَالسَّعَادَةِ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Leave a Reply